May 7, 2013

Ternyata Rasulullah Saw Pernah Galau Juga


Ternyata Rasulullah Saw pernah galau juga...

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim , dari Aisyah Ra. beliau berkata: Malaikat Jibril As. berjanji untuk menemui Rasul Saw. suatu waktu. Pada saat waktunya tiba, Rasulullah menunggu Malaikat Jibril diwaktu yang telah ditentukan. Dan Jibril tidak datang. Pada saat itu Rasulullah Saw. memegang sebuah tongkat ditangannya, kemudian beliau lemparkan tongkat tersebut dan berkata: "Allah dan Rasul-Nya (Malaikat-Nya) tidak pernah mengingkari janjinya". Kemudian beliau memalingkan wajahnya dan mendapati ada seekor anak anjing di bawah tempat tidurnya. Beliau bersabda:" Ya Aisyah sejak kapan anjing ini ada di sini?". Aisyah Ra. menjawab:"Demi Allah saya tidak tahu". Kemudian Rasulullah memerintahkan untuk mengeluarkan anjing tersebut. setelah itu (barulah) Malaikat Jibril datang. Maka Rasulullah berkata kepada Jibril :" engkau telah berjanji padaku, aku telah menunggumu di sini tetapi engkau tidak datang". Maka Jibril As. menjawab:"ada seekor anjing yang menyebabkan terhalangnya aku untuk datang ke rumahmu. sungguh bahwasanya kami tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar".

Dalam hadis di atas jelas sekali kegalauan Rasulullah ketika Malaikat Jibril tak jua datang untuk menepati janji yang telah dibuatnya. Sehingga beliau sampai melemparkan tongkat yang sedang beliau pegang yang menunjukkan betapa resahnya beliau, karena Allah dan Malaikat-malaikatnya tidak pernah mengingkari janji.

Dalam kitab Fathul Mun'im di jelaskan bahwa kegalauan Rasulullah yang begitu resah menunggu kedatangan Jibril dari malam hari hingga menjelang pagi membuat beliau merasa sangat sedih. bahkan beliau sampai memukul-mukul tongkat yang sedang beliau pegang atau membuat garis/tulisan di pasir menggunakan tongkatnya sebagai ungkapan rasa resah dan harap-harap yang  menghantui pikirannya.

Bahkan dalam riwayat lain dari Maimunah Ra. mengatakan bahwa Rasulullah Saw. sampai cemberut sepanjang hari karena Jibril tak juga datang.

Sebab kegalauan Rasul adalah karena ada anak anjing yang masuk ke dalam rumah Rasulullah. Karena Malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar.

Gejala galau ternyata bisa menimpa siapa saja. Tinggal galaunya berkwalitas atau tidak.. Kalau Rasulullah galaunya sangat berkwalitas karena menunggu makhluk utusan Allah untuk menyampaikan wahyu atau bahkan sekedar untuk menghibur Rasulullah.

Kalau kita??? ^_^

No comments:

Post a Comment